Wednesday 15 October 2014

Contoh dan Definisi Wisata Politik

Definisi Wisata Politik menurut Mulyadi 2009 adalah  Suatu kegiatan/event yang bernuansa politik dan dikemas sedemikian rupa sehingga menarik.  Perjalanan yang dilakukan untuk mengunjungi atau mengambil bagian aktif dalam peritiwa kegiatan politik.

 Contoh konkrit
SEAPAC (The Southeast Asian Parliamentarians Against Corruption) Corrupt-free Southeast Asia : Common Goal, Common Action
23-24 October 2013 Medan
Sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat di wilayah Asia Tenggara, SEAPAC ini merupakan salah satu bagian bentuk kerjasama dari ASEAN dalam memberantas Korupsi. SEAPAC 2013 diadakan di Indonesia, berlokasi di Medan Sumatera Utara dengan panitia penyelenggara dari Dewan Perwakilan Rakyat RI. SEAPAC 2013 mengambil tema “Common Goal, Common Action”.
SEAPAC ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu:
1.      Plenary Session yang diadakan di Aryaduta Hotel Medan
2.      Luncheon yang diadakan di Grand Aston Medan dan Aryaduta Hotel Medan
3.      Dinner yang diadakan di JW Marriot Medan dan Rumah Gubernuran Sumatera Utara
4.      City tour, mengunjungi beberapa objek wisata kota di Medan seperti Istana Maimun, Tjong A Fie Mansion, Mesjid Agung dan Dekranasda.

 Dampak Politik terhadap Kepariwisataan Indonesia
·        Politik yaitu bagaimana mengambil keputusan yang berkaitan dengan kebijakan dan undang-undang. Pariwisata di Indonesia harus berpedoman pada kebijakan dan undang-undang.
·        Politik berkaitan dengan kekuasaan, yaitu kekuasaan untuk mengatur sumber daya, terutama sumber daya yang berkaitan dengan pariwisata.
·        Instabilitas politik dan hubungan politik dapat mempengaruhi citra dari suatu destinasi.
·        Masalah politik dapat menyebabkan perbedaan kepentingan antar aktor terhadap kegiatan pariwisata.
·        Politik adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan beriteraksi, sehingga erat kaitannya dengan hubungan kerjasama antar stakeholder dalam membangun kepariwisataan Indonesia.

2 comments:

Unknown said...

Tulisan ug mencerahkan

Unknown said...

Tulisan ug mencerahkan

advertisment