Saturday, 11 October 2014

Idola dalam Filsafat

ada empat macam Idola dalam Filsafat Modern dari Machiavelli sampai Nietzsche oleh Budi Hardiman, didalamnya juga terdapat konsep yang dipaparkan oleh Bacon

1. Idola Tribus (tribus = bangsa)
Idola Tribus adalah semacam prasangka-prasangka yang dihasilkan oleh pesona atas keajekan-keajekan tatanan alamiah, sehingga orang tak sanggup memandang alam secara objektif. perkecualian-perkecualian dianggap ajaib, mukjijat atau disingkar, tidak dipelajari. Idola macam ini menawan pikiran orang banyak (tribus), menjadi semcam prasangka kolektif.
2. Idola gua/Idola Cave (cave/specus = gua)
dimaksudkan di sini bahwa pengalaman-pengalam dan minat-minat pribadi kita sendiri mengarahkan cara kita melihat dunia, sehingga dunia objektif dikaburkan.
3. Idola Fora (forum = pasar)
Idola pasar adalah yang paling berbahaya. yang diacu di sini adalah pendapat atau kata-kata orang yang diterima begitu saja sehingga mengarahakan keyakinan-keyakinan dan penilaian-penilaian kita yang tak teruji.
4. Idola theatra (theatra = panggung)
bahwa sistem-sistem filsafat tradisional adalah kenyataan subjektif para filsufnya. sistem-sistem  itu dipentaskan, lalu tamat, seperti sebuah teater

1 comment:

raquell agustien said...

makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
QUEENXXX92

advertisment